Kamis, 11 Juni 2015

Makam Waliyullah Syekh Maulana Maghribi - Banten

Makam Syech Maulana Magrib adalah Situs wisata ziarah yang merupakan salah satu bukti sejarah adanya penyebaran islam di kabupaten Pandeglang yang berlokasi di kampung Kumalirang kelurahan Kabayan kecamatan pandeglang.

 

Jalan Menuju Makam Syekh Maulana Maghribi ( Tampak Terlihat di belakang  Aula Makam Syekh Maulana Maghribi )

     Menurut penunggu makam setempat ( Ust Muhammad Wase ), belum ada referensi yang akurat tentang syech Maulana Magrib namun beberapa tokoh menuturkan bahwa asal nama Syeh Maulana Magrib adalah seorang penyebar agama islam yang berasal dari orang Magrib di Timur Tengah dan masa hidup beliau setelah zaman Syech Maulana Hasanudin Banten & ada Pula sebagian ulama beranggapan Masa hidup beliau Sebelum lahirnya kerajaan Padjadjaran ditanah Pasundan.

 

Konon Dahulu kala sebelum Makam Syekh Maulana Maghribi ini di bangun Oleh Masyarakat setempat, dekat lokasi Makam tersebut di kelilingi oleh Hutan yang di selimuti oleh rumput & ilalang.  Namun  aneh nya hanya sekitar  Makam Syekh Maulana Maghribi dan beberapa Makam pengikutnya saja yang tidak di tumbuhi oleh rumput & ilalang, Konon dahulu kala ada seseorang yg ingin membersihkan makam tersebut, Namun Orang tersebut pun terkejut karena tak terlihat ada selembar daun pun yg jatuh di sekitar area  Makam Syekh Maulana Maghribi tersebut, Tutur Ustd. Muhamad Wase kepada kami.

 

 

Area Makam atau Pintu Masuk Makam Syekh Maulana Maghribi

 

 

 

      Syekh Maulana Maghribi pernah mendirikan tempat pengajaran agama islam, tepatnya di daerah Mangkubumi (nama sebuah kampung yang terletak diwilayah kelurahan Kabayan kecamatan Pandeglang) dan berkembang cukup baik, namun sepeningal beliau perkampungan yang telah ramai tersebut menjadi hutan kembali, dan makom beliau terletak di kampung Kumalirang, sekitar 1 kilometer dari kota Pandeglang menuju kearah Kabupaten Lebak. 

Hingga sekarang banyak penziarah yang datang bukan hanya warga setempat bahkan dari luar wilayah Banten, umumnya penziarah datang ke makom tersebut berdasarkan wangsit konon banyak penziarah yang datang dari luar provinsi Banten tidak mengetahui lokasi penziarahan tersebut.



 





Pendopo Atau Tempat istirahat para peziarah di Makam Syekh Maulana Maghribi

( Foto Bersama Ust. Muhamad Wase Juru Kunci Makam Syekh Maulana Maghribi )


    




6 komentar: